-->

Alexa.com

Loading...

BAB I Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi


A. Pengertian Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi merupakan Proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB atau Produk Domestik Bruto suatu Negara atau Daerah dalam jangka panjang. Jika pendapatan masyarakat mengalami kenaikan maka akan diikuti pula dalam struktur sosial dan sikap Masyarakat. Tujuan pembangunan ekonomi tidak hanya kenaikan pendapatan masyarakat melainkan perbaikan kondisi di luar aspek ekonomi, seperti perbaikan pemerintah, perbaikan sikap dan usaha memperkecil jurang pemisah antara si kaya dan si miskin.
Menurut Michael P.Todaro, Pembangunan Ekonomi harus dipahami sebagai suatu proses multi dimensi yang melibatkan perubahan besar dalam ekonomi, pengurangan kesenjangan dan pemberantasan kemiskinan. Sedangkan menurut Prof. Dennis Goulet ada tiga nilai inti pembangunan yang membuat hidup lebih baik. Nilai inti itu adalah :
a. Rezeki kehidupan
b. Harga Diri
c. Kebebasan dari perbudakan

B. Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi
Berikut ini bebrapa fator yang di pandang dapat memengaruhi pembangunan ekonomi, diantaranya :
a. Tanah dan kekayaan alam
Kekayaan alam sangat berarti terutama pada saat awal pembangunan. Secara umum Negara yang mempuyai kekayaan alam yang melimpah akan lebih mudah meningkatkan laju pembangunan ekonominya dibandingkan dengan Negara yang mempunyai tanah dan kekayaan alam yang kurang. Namun kekayaan alam yang melimpah tidak akan berarti jika tidak memiliki modal, teknologi dan Sumber Daya Manusia yang handal.
b. Kuantitas dan kualitas penduduk dan tenaga kerja
Pertambahan penduduk dapat menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi, pertambahan penduduk akan meningkatkan jumlah angkatan kerja yang dapat dimanfaatkan untuk mendukug kegiatan produksi. Dengan pendidikan dan pelatihan yang memadai akan menghasilkan sumber daya manusia yang handal yang dapat menjadi pionir dalam pembangunan ekonomi.
c. Kepemilikan barang modal dan penguasaan teknologi
Dengan penerapan teknolgi maju akan meningkatkan produktifitas serta meningkatkan efisiensi dimana akan menurunkan biaya produksi, meningkatkan produksi barang dan terciptanya barang dengan kualitas yan lebih baik.
d. Sistem sosial dan sikap masyarakat
Hasil identifikasi di negara berkembang menunjukkan bahwa sistem sosial dan sikap masyarakat akan menjadi penghambat dalam pembangunan ekonomi. Adat istiadat ynag kental pada masyarakat seperti upacara dalam berbagai kegiatan dianggap memperlambat pertumbuhan ekonomi.

c. Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
Ada 3 indikator utama pembangunan ekonomi, meliputi :

  1. Indikator moneter meliputi pendapatan perkapita dan kesejahteraan ekonomi bersih atau Net Economic Welfare (NEC).
  2. Indikator sosial meliputi indikator sosial dan indeks kualitas hidup (IKH)
  3. Indikator campuran meliputi indikator susenas inti dan Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index)
D. Masalah Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang
Masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang terkait dengan karakteristik yang di temui pada negara berkembang. adapun karakteristiknya adalah sebagai berikut :
  1. Ketergantungan pada sektor pertanian
  2. Rendahnya tingkat produktivitas 
  3. Ketergantungan yang besar dan kerentanan dalam hubungan internasional
  4. Pasar dan informasi yang tidak sempurna
  5. Tingginya tingkat pengangguran
  6. Rendahnya tingkat keidupan
  7. Tingginya pertambahan penduduk
E. Kebijakan dan Strategi Pembangunan 
Pembangunan ekonomi merupakan upaya yang dilakukan negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah indonesia. Strategi merupakan langkah-langkah yang berisi program -program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi. Strategi harus dijadikan sebagai rujukan dalam perencanaan pembanunan. Strategi untuk melaksanakan visi dan misi tersebut dijabarkan secara bertahap dalam periode 5 tahunan atau RPJM.

F. Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan produk domestik bruto dari suatu negara atau daerah tanpa memandang apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk.






Loading...
Loading...
Loading...

Iklan Bawah Artikel