-->

Alexa.com

Loading...

Bab I : Konsep Ilmu Ekonomi

Pasar Terapung Banjar Masin ( gambar dari wikipedia )

Ekonomi adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. ketika menyaksikan siaran berita di televisi, umunya semua berita menyangkut pautkan dengan ekonomi misalnya musibah banjir yang menimbulkan kerugian ekonomi, kemiskinan akibat kesulitan ekonomi, kebangkrutan karena keterpurukan ekonomi dan yang terakhir yang sedang hangat yunani bangkrut dan mengalami krisis ekonomi dan menyebar sampai ke eropa. Maka dari itu ekonomi sangatlah penting bagi kita, dari situasi diatas timbulah suatu ilmu yang mempelajari peristiwa diatas yang disebut Ilmu Ekonomi.
A. Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi
Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri. Anda membutuhkan seorang dokter ketika sakit, anda,keluarga anda membutuhkan seorang guru untuk belajar dari situasi itulah bahwa kita tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan manusia lainya, karena itu manusia disebut sebagai Makhluk sosial.
Manusia mempunyai banyak sekali kebutuhan seperti makanan, minuman,pendidikan,kesehatan dan kebutuhan manusia itu tidak terbatas ketika kebutuhan satu terpenuhi muncul kebetuhan lain pula yang harus dipenuhi, dapat di artikan manusia tidak pernah mencapai kepuasan maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa manusia adalah sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus Maanusia akan selalu meningkat kan kualitas hidup dan mengoptimalkan kebutuhanya. sebagai contoh aktor jacky can, pria asal hongkong ini memiliki pesawat jet yang terkenal. Dia menggunakan Embraer Legacy 650, Pesawat terbang layaknya hotel di angkasa.  Hal ini disukung oleh pendapatanya yang tinggi pula. Namun bagi masyarakat berpenghasilan tinggi jet pribadi bukan merupakan kebutuhan inti
B. Memahami Makna Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Istilah EKonomi berasal dari yunani yaitu Oikonomia, yang berasal dari dua kata oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti aturan. Secara arti sempit ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga. Secara luas ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari manusia dalam memenuhi kebutuhanya.
Setelah kita tahu apa itu ekonomi, apa ya kira-kira ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi itu sendiri merupakan ilmu tentang usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhanya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
Pembagian Ilmu Ekonomi berdarkan kajian ilmu :
  • Ilmu ekonomi Teori merupakan Ilmu ekonomi yang mengkaji masalah ekonomi, menganalisis dan membuat kesimpulan ekonomi. dibagi lgi menjadi ilmu ekonomi mikro dan makro.
  • Ilmu ekonomi Terapan merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang merupakan  penerapan dari ilmu ekonomi teori Contoh ilmu ekonomi yang menelaah kebijakan yang perlu dilaksanakan dalam mengatasi permasalahan yang timbul dalam suatu perekonomian.
  • Ilmu Ekonomi Deskriptif merupakan ilmu ekonomi yang menggambarkan masalah ekonomi suatu negara secara khusus misalnya kondisi perekonomian yunai yang belum membaik.
C. Motif, Prinsip dan Tindakan Ekonomi
Motif Ekonomi dapat diartikan alasan, niat, maksud ataupun dorongan pada manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dibagi menjadi : Motif memenuhi kebutuhan hidup, motif mendapat keuntungan, motif sosial, motif memperoleh kekuasaan dan motif untuk memperoleh penghargaan
Prinsip Ekonomi merupakan Dengan pengorbanan tertentu ingin memperoleh hasil sebesar-besarnya atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya ingin memperoleh hasil tertentu. Prinsip ekonomi di terapkan  pada 3 kegiatan pokok ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.
Tindakan Ekonomi merupakan Tindakan manusia yang diharuskan membuat skala ptioritas untuk menetapkan pilihan atau cara yang tepat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh dengan motif untuk memperoleh keuntungan pedagang ikan menjual ikan di tempat paling strategis di pasar dengan kondisi masih pagi agar ikan yang di jual masih segar
D. Perilaku Tanggung Jawab dan Toleransi dalam Mengamalkan Ilmu Ekonomi
Ilmu akan berkembang ketika di amalkan  sebagai sebuah pemikiran dan tindakan yang didasarkan pada kebenaran sesuai ajaran agama dan hukum yang berlaku. Pelajari dan gunakanlah ilmu yang kalian dapat untuk kebaikan dengan rasa tanggung jawab dan rasa toleran terhadap sesama.
Loading...
Loading...
Loading...

Iklan Bawah Artikel