-->

Alexa.com

Loading...

Bab II Masalah Pokok Ekonomi

Kelangkaan Bahan Bakar Minyak
Kelangkaan Bahan Bakar Minyak 
A. Kebutuhan 
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang yang harus dipenuhi dan apabila tidak terpenuhi maka akan mengganggu kelangsungan hidup, contoh adalah makan, masusia juga mempunyai keinginan, keinginan merupakan segala sesuatu yang tidak harus dipenuh dan apabila tidak terpenuhi tidak mengakibatkan efek apapun, kalo makan merupakan kebutuhan, maka keinginanya antaralain : makan nasi goreng, makan sate,dll.
Macam-macam kebutuhan manusia 
  • Menurut Intensitasnya : kebutuhan Primer/pokok merupakan kebutuhan pertama yang harus dipenuhi dan apabila tidak terpenuhi akan mengganggu kelangsungan hidup manusia contoh sandang, pangan dan papan. Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan yang sifatnya sebagai pelengkap setelah kebutuhan primer terpenuhi contoh : Peralatan masak, Lemari es dan AC. Kebutuhan tersier merupakan Kebutuhan akan barang mewah. contoh : Jet pribadi, mobil mewah dan villa mewah.
  • Menurut Waktunya : Kebutuhan sekarang merupakan Kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga. contoh : Makanan bagi orang yang kelaparan. Kebutuhan yang akan datang merupakan Sebagai persiapan dan sifatnya tidak mendesak contoh : Asuransi
  • Menurut Sifatnya : Kebutuhan Jasmani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan jasmani kita, contoh : Makanan, Pakaian. Kebutuhan Rohani merupakan Kebutuhan yang dibutuhkan jiwa dan hati kita, contoh : Ibadah, Liburan.
  • Menurut subjeknya : Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masing masing orang atau individu, contoh : pakaian, telepon. Kebutuhan bersama merupakan kebutuhan yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang, contoh : Jalan Raya.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan antara lain, pendidikan, pendapatan, perkembangan zaman dan kondisi lingkungan

B. Alat Pemuas Kebutuhan
Untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang komplek dan tiak terbatas itu, manusia membutuhkan alat pemuas kebutuhan. Macam alat pemuas kebutuhan antara lain :
  • Menurut kegunaanya : Barang Konsumsi merupakan kebutuhan yang langsung dapat dinikmati contoh : makanan, handphone. Barang Produksi merupakan barang modal yang digunakan untuk memproduksi barang lain. contoh kacang kedelai untuk membuat tahu, tempe, kecap, dll.
  • Menurut proses pembuatanya : Bahan Mentah merupakan bahan baku yang belum diolah contoh : batang pohon. Barang setengah jadi merupakan bahan yang dihasilkan dari proses bahan baku, namun harus memerlukan proses lagi hingga menjadi barang jadi, contoh : Kayu. Barang Jadi merupakan barang yang terbentuk setelah proses dari barang mentah dan barang setengah jadi, contoh : kursi, meja dll
  • Menurut cara memperolehnya : Barang bebas merupakan barang yang untuk dapat memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan ekonomi. contoh : udara. Barang Ekonomi : Barang yang untuk mendapatkanya memerlukan pengorbanan ekonomi, contoh : pakaian.
  • Menurut hubunganya dengan barang lain : Barang Komplementer merupakan barang yang saling melengkapi contoh kopi dan gula. Barang substitusi merupakan barang pengganti. minyak tanah di ganti dengan gas elpiji
Selain itu alat pemuas kbutuhan akanmemiliki nilai guna lebih apabila berubah bentuk, kepemilikan, tempat dan waktu, contoh :
Nilai guna bentuk : batang pohon akan bernilai lebih ketika diubah menjadi kursi, meja, lemari.
Nilai guna kepemilikan : cangkul tidak akan berguna jika digunakan oleh seorang dokter, berbeda jika cangkul digunakan seorang petani maka cangkul itu akan mempunya nilai guna lebih karena kepemilikan.
Nilai guna waktu : jas hujan akan sangat berguna di waktu hujan.
Nilai guna tempat : pasir di dasar sungai dengan pasir di toko material

C. Kelangkaan
Kelangkaan merupakan kondisi dimana kebutuhan manusia yang tidak terbatas tidak dapat di imbangi dengan kemampuan manusia untuk memenuhi. Faktor penyebab kelangkaan antara lain : pertambahan jumlah penduduk yang tidak diikuti pertambahan jumlah alat pemuas kebutuhan, SDM yg kurang mampu mengelola dan mengolah SDA, Eksploitasi SDA berlebihan, bencana alam.

D. Alokasi Sumberdaya
Alokasi penggunaan sumber daya harus mempertimbangkan kepentingan rakyat banyak berdasarkan SDA, SDM, dan Modal.

E. Biaya Peluang
Biaya merupakan nilai atau pengorbanan yang kita keluarkan untuk memperoleh sesuatu. Sedangkan Biaya Peluang merupakan nilai barang atau manfaat dari suatu tindakan yang kita abaikan karena memilih barang atau tindakan lain.

F. Skala Prioritas 
Faktor yang mempengaruhi sakala prioritas : tingkat kepentingan, kemampuan diri dan memepertimbangkan masa depan.

G. Masalah Pokok Ekonomi
Apa (what)
Bagaimana (How)
Untuk siapa (For Whom)


H.Sistem Ekonomi
  • Sistem ekonomi tradisional ciri -ciri : teknologi sederhana, SDM paling utama, belum ada pembagian kerja, Tanah sumber kemakmuran, berpegang pada adatistiadat.
  • Sistem ekonomi komando/ terpusat ciri-ciri : Pemerintah mengendalikan sistem ekonomi, Produksi dan pasar di bawah kendali pemerintah.
  • Sistem ekonomi pasar/ Liberal ciri-ciri : memberikan kebebasan masing masing individu untuk melakukan kegiatan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah.
  • Sistem ekonomi campuran : Pemerintah dan swasta bekerja sama dan berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi
  • Sistem ekonomi indonesia yang disebut sistem ekonomi demokasi ekonomi, sistem ekonomi kerakyatan atau sistem ekonomi pancasila yang berpedoman dengan pancasila 


Loading...
Loading...
Loading...

Iklan Bawah Artikel